Zakat Menjaga Harta Kita

Closeup of a locked padlock

Sahabat kepedulian, dalam Islam, zakat adalah cara kita menyucikan harta dan berbagi kepada sesama. Hikmah zakat tentu sangatlah banyak, baik bagi yang memberi maupun yang menerima. QS At-Taubah [9]: 103 berbunyi, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” Banyak keutamaan yang terkandung dalam zakat sehingga umat muslim pastilah tidak ingin menangguhkannya.

Nah, sahabat, yang menariknya lagi adalah hikmah bahwa zakat ternyata bisa loh menjaga harta kita, maksudnya bagaimana? Ya, harta yang kita keluarkan untuk berzakat justru tidaklah hilang. Caranya justru dengan dikeluarkan zakatnya mungkin kalau orang-orang jahiliyah dahulu menyebutnya sebagai uang ‘sial’. Dimana uang sial itu dianggap memang harus dikeluarkan, agar harta yang lain terjaga. 

Tetapi dalam syariah Islam, kita tidak mengenal uang ‘sial’, yang kita kenal adalah pembentengan harta dari hal-hal yang membuatnya musnah, dan caranya dengan mengeluarkan zakat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bentengi harta-harta kalian dengan zakat” (HR. At-Thabrani).

Juga dalam hadits,

“Tidaklah musnah harta yang ada di daratan atau di lautan kecuali oleh sebab tidak dikeluarkan zakatnya”. (HR. At-Thabrani).

Baca juga : Salah Satu Syarat Wajib Zakat : Kepemilikan Harta yang Sempurna

Dan hadits ; 

Menjaga Dan Memelihara Harta Dari Incaran Para Pendosa Dan Pencuri “Peliharalah Harta Kalian Dengan Zakat. Obatilah Orang-Orang Sakit Dengan Sedekah Dan Persiapkanlah Doa Untuk Menghadapi Malapetaka”. (HR. Thabrani)

Sahabat, justru benteng yang paling kokoh untuk menjaga harta kita agar aman adalah dengan cara mengeluarkan zakatnya. Dengan mengeluarkan zakat akan memberikan rasa tenang dan penjagaan oleh Allah yang selalu terjaga dan tak pernah tidur. Itulah hikmah pertama tatkala kita mengeluarkan zakat, saat kita menunaikan kewajiban kita, maka Allah lah yang akan menjaga kita dan harta kita.

Jadi, sahabat, tunggu apalagi, sahabat ingin diri dan hartamu aman bukan? Jangan ragu untuk menunaikan zakat ya. InsyaAllah, syariat ini tak akan membuatmu merasa sempit, justru dengan berzakat akan bermanfaat bagi kita dan saudara kita yang membutuhkan di luar sana. Yuk, segera tunaikan zakatmu sekarang!

Sumber : LAZiS Jateng, BAZNAS, griyayatim.com