Zakat Eratkan Persaudaraan

Business partners shaking hands to confirm the deal

Sahabat Kepedulian, Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok dalam ajaran Islam. Hukum zakat dalam Al-Qur’an sangat tegas sebanding dengan tegasnya perintah melaksanakan shalat, puasa, dan haji. Karena itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Hakikatnya zakat tidak hanya mampu mensucikan harta, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (Qs. At-Taubah : 103).

Sahabat, zakat juga dapat mengharmoniskan hubungan sosial. Tidak banyak orang yang tau zakat juga berperan mencairkan keharmonisan sosial yang mengkristal karena kesenjangan ekonomi.

Zakat mengajarkan kepada kita untuk selalu berempati dan memiliki kepedulian sosial kepada orang-orang yang tidak mampu. Kemampuan merespons kondisi lingkungan mengajarkan kepada setiap muslim untuk memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik.

Di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi ini, Zakat mempunyai peran penting untuk menjadi solusi. Karena zakat kita sungguh berguna bagi mereka fakir miskin atau kaum dhuafa. Dan pada harta yang kita miliki ada sebuah amanah yang hendaknya kita berikan kepada yang berhak menerimanya.

Nah, sahabat kepedulian, dengan berzakat ternyata kita dapat mempererat hubungan persaudaraan dengan sesama, khususnya antara Muzaki (Orang yang berzakat) dan Mustahik (Penerima Manfaat Zakat). Dengan berzakat juga kita dapat meningkatkan kepedulian, terutama untuk mereka saudara kita yang membutuhkan.

Sungguh indah ya sahabat ajaran Islam itu. Di balik perintah-Nya, tersimpan begitu banyak hikmah yang lar biasa. Yuk, sahabat, kita tingkatkan persaudaraan di antara kita dengan menunaikan zakat. InsyaAllah, zakat yang kita keluarkan dapat memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi pengentasan kemiskinan di sekitar kita.

Sumber : griyayatim.com