ZAKAT DI LAZIS JATENG

 ZAKAT DI LAZIS JATENG

#WisWayaheZakat di Lazis Jateng. Bahagiakan Saudara, dapat berkah insyaa Allah.

Mengapa sih kita perlu berzakat melalui lembaga amil zakat dibandingkan kita menyalurkan sendiri?

  1. Distribusi zakat lebih merata

Bila kita menyalurkan zakat secara bebas dan langsung pada target zakat, maka dikhawatirkan penyalurannya tidak merata. Bisa jadi satu orang dalam suatu daerah menerima zakat dari banyak muzakki (pemberi zakat), sedangkan orang lain yang seharusnya juga mendapatkan zakat justru tidak menerima sama sekali. Hal ini karena tidak terkoordinasi diantara semua pihak.

  1. Hasil zakat lebih produktif

Contoh konkret pemanfaatan zakat sebagai usaha produktif adalah pemberian modal usaha bergulir, artinya mustahiq dipinjami sejumlah modal dan diharuskan untuk dapat mempertanggungjawabkan penggunaan modal usaha/kerja itu dengan cara mengembalikan dengan mengangsur. Ataupun sesuai kesepakatan bersama.

  1. Tak perlu repot mencari mustahik

Lembaga Amil Zakat pasti sudah mempunyai data warga yang membutuhkan zakat. Untuk memperoleh data mustahik itu terkadang susah-susah gampang. Ada beberapa parameter yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan. Apalagi bagi kamu yang tinggal di komplek perumahan elit. Pasti tetanggamu tidak butuh zakat, kan? Oleh karena itu, kita pasrahkan saja kepada LAZ.

  1. Hati lebih terjaga

Pentingnya menjaga niat, sepenting menjaga hati dalam beramal. Memang dalamnya hati hanya Allah Yang Tahu. Dengan membayar zakat melalui lembaga, akan terhindar dari niat dan kepentingan yang merusak pahala. Sekaligus sebagai wujud untuk menjaga keikhlasan hati dalam menunaikan ibadah zakat.

  1. Bisa dari #rumahaja

Berzakat di LAZiS Jateng bisa dilakukan dimana saja loh. Termasuk di rumah. Cukup akses ke www.lazisjateng.org. Dengan berzakat di Lembaga Amil Zakat yang disahkan pemerintah, kita akan mendapatkan bukti setor pajak. Kemudian bukti tersebut bisa kita gunakan untuk mengurangi PKP (pendapatan Kena Pajak). Ini sesuai dengan UU 23 tahun 2019 maupun UU Pajak.

 

Copyright © 2022 News Lazis Jateng