Tegas, Pernyataan Sikap LAZiS Jateng dan FOZ Soal Isu Palestina

SEMARANG.LAZiS Jateng online—Jumat (21/5/2021) LAZiS Jateng bersama 163 lembaga anggota asosiasi organisasi pengelola zakat, Forum Zakat (FOZ), menggelar agenda Pernyataan Sikap secara luring di Jl. Menteng Raya No. 62, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta dan daring. Agenda tersebut membahas konflik antara Israel dan Palestina sejak (10/5) lalu, dan pernyataan sikap bersama soal isu tersebut. Informasi ini disampaikan oleh Doso Sutrisno, selaku Direktur Eksekutif LAZiS Jateng.

“Kami bersama Forum Zakat (FOZ) dan seluruh lembaga anggota asosiasi tersebut dan teman-teman media menyelenggarakan kegiatan Pernyataan Sikap mengenai isu Palestina. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring pada pukul 09.30-10.45 WIB, serta dihadiri oleh hampir seluruh lembaga anggota, beberapa perwakilan ormas, dan teman-teman media,” ungkap pria yang akrab disapa Doso.

Doso juga menyampaikan, LAZiS Jateng menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh pihak yang memberikan ketidaknyamanan dalam bentuk apapun terhadap sesama. Ia berkomitmen akan terus mengajak masyarakat untuk tetap mendukung dan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan. Seperti halnya LAZiS Jateng yang berkomitmen memberikan bantuan terbaik kepada warga Palestina.

“Teman-teman semua, kita sepakat bahwa isu Palestina bukan lagi soal agama, tapi ini soal kemanusiaan. Sangat jelas bahwa Indonesia melalui UUD 1945 sangat mengutuk penjajahan dalam bentuk apapun di atas dunia. Tadi pagi Alhamdulillah kita mendapatkan kabar yang patut membuat kita bersyukur, melalui proses negosiasi dan beberapa persyaratan akhirnya Israel sepakat untuk melakukan gencatan senjata, kita bersyukur dengan hal itu,” terang Bambang Suherman, selaku Ketua Forum Zakat (FOZ).

Pria yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Indonesia itu juga menambahkan, FOZ memberikan pernyataan sikap yang tegas terhadap isu Palestina yang tengah meruak. Ia mewakili anggotanya sangat tidak membenarkan tindak kekerasan dalam bentuk apapun.

“Kami sangat mengutuk tindakan ini, kami juga mendukung kemerdekaan Palestina atas apa yang mereka alami. Oleh karena itu, besar harapan kami kepada teman-teman untuk senantiasa mendukung saudara kita baik melalui doa, donasi atau bantuan dalam bentuk apapun. Tentunya peran kita lebih dari itu, teman-teman media yang hadir diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai isu yang tengah terjadi,” imbuhnya.

Selaras dengan itu, Sekjend Ormas Persis, Haris Muslim juga menyampaikan hal yang serupa. Ia berharap bahwa isu Palestina harus menjadi isu bersama, serta mengajak semua pihak untuk ikut andil dalam membantu, mendukung serta menumbuhkan rasa saling memiliki.

“Apapun yang saudara kita di Palestina alami, kita juga diharapkan bisa merasakan seperti apa yang mereka rasakan, satu tubuh. Ini menjadi tanggung jawab kita sebagai muslim, harapannya semangat dan perhatian kita terhadap warga Palestina terus muncul, baik saat keadaan damai maupun saat konflik sedang berlangsung. Kita bantu mengedukasi masyarakat kita, mendorong para pemimpin agar mau membersamai saudara kita, menolak dan mengutuk tindakan penjajahan di atas dunia dan mendukung kemerdekaan Palestina harus menjadi semangat kita bersama,” pungkasnya di hadapan media, secara virtual/ daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *