Selenggarakan Prosesi Kurban di Pelosok, LAZiS Jateng juga Salurkan Paket Sembako dan Alat Salat

SEMARANG.LAZiS Jateng online— Bertempat di Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pada Selasa (20/7/2021), LAZiS Jateng bersama Majelis Taklim New Ratna Motor selenggarakan kegiatan penyembelihan dan penyaluran kurban. Tak hanya itu, selain mendistribusikan daging kurban, paket sembako dan perlengkapan ibadah salat juga disalurkan kepada lansia yang membutuhkan (dhuafa). Informasi disampaikan oleh Vera Meika, tim Humas LAZiS Jateng.

“Alhamdulillah pada hari ini kami dapat melaksanakan kegiatan penyembelihan dan penyaluran kurban di Bancak. Dalam prosesnya, kami juga mengupayakan agar protokol kesehatan dapat diterapkan dengan maksimal, sesuai anjuran yang ada” ungkap Amil yang akrab disapa Vera.

Vera menyampaikan, sebanyak 156 kepala keluarga (KK) masyarakat Bancak yang menjadi target dari pendistribusian pada kegiatan tersebut. Dusun Jetis, Desa Rejosari, Dusun Truneng, Dusun Menggah yang merupakan beberapa tempat dengan mobilitas rendah (pelosok) menjadi bagian dari wilayah penyaluran.

“Saat menuju lokasi, mobil yang kami tunggangi kesulitan masuk karena kondisi jalan yang sempit dan rusak sebagian, kami harus putar balik dan mengubah rute perjalanan. Bahkan ketika penyaluran, untuk menjangkau rumah warga pun kami harus berjalan kaki karena akses yang cukup sulit. Kondisi masyarakatnya juga tergolong menengah kebawah, tak ayal menurut pernyataan warga setempat sudah beberapa tahun tidak ada kurban dan distribusi di wilayah itu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sejumlah 8 ekor hewan kurban dengan rincian 1 ekor sapi dan 7 ekor domba dari para pekurban disiapkan. Selain itu, disamping mendistribusikan daging kurban, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako dan perlengkapan ibadah salat bagi para lansia yang membutuhkan.

“Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani, kami harap dengan bantuan yang kami berikan mampu meringankan beban masyarakat,” tambah Vera.

Oleh karena wilayahnya yang cukup sulit dijangkau masyarakat umum (pelosok), dengan mobilitas masyarakat yang tergolong rendah, Yatiman selaku Ketua Rukun Tetangga (RT), Dusun Jetis mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada LAZiS Jateng. Sebab, menurut penuturannya, sudah semenjak beberapa tahun terakhir wilayah setempat tidak ada prosesi kurban baik penyembelihan, maupun penyaluran.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada LAZiS Jateng dan Majelis Taklim New Ratna Motor. Alhamdulillah setelah 6-7 tahun tidak ada kurban, tahun ini kami bisa merasakan kurban lagi. Semoga para donatur dan pekurban selalu diberikan keberkahan, kesehatan dan kelancaran rezeki,” pungkas Yatiman, Ketua Rukun Tetangga (RT) Dusun Jetis, penerima manfaat.