GROBOGAN.LAZiS Jateng Online—Pada Selasa (14/4) LAZiS Jateng mengunjungi TPQ lansia Nurul Ihsan yang berada di pelosok Kabupaten Grobogan untuk menyalurkan puluhan quran. Laporan ini disampaikan oleh Ratnasari Nur Isnaeni, amil LAZiS Jateng pusat.

“Penyaluran sedekah quran ini dilakukan di TPQ Lansia Nurul Ihsan di Dusun Mlati, Tinanding, Grobogan. Kami mendapat informasi dari relawan cabang Grobogan bahwa Al quran di TPQ tersebut sudah banyak mengalami kerusakan, padahal dipakai oleh para santri sepuh yang ingin belajar mengaji,” tutur Ratna.

Amil asal Purbalingga ini menyebut penyaluran quran ini adalah program dari Sedekah Alquran untuk Pelosok Nusantara. Program ini dirintis salah satunya karena informasi dari Menteri Agama pada Juli 2020 bahwa masih ada 65% muslim Indonesia yang buta aksara Alquran. LAZiS Jateng berupaya mengambil peran untuk mengentaskan masyarakat Indonesia dari buta aksara Alquran tersebut.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur kami mendapatkan quran baru. Quran-quran disini sudah pada sobek-sobek. Tak jarang kami menambalnya dengan selotip untuk menyambung lembarannya kembali,” ungkap Narsih salah satu pengajar TPQ lansia Nurul Ihsan.

Dikatakan oleh Narsih, di TPQ lansia yang sederhana tersebut para santri yang sudah sepuh-sepuh semangatnya luar biasa. Mereka selalu dating rutin untuk belajar membaca quran dan mengaji agama. Salah satu santri tersebut bernama Muntamah. Lansia berusia 98 tahun yang kini sudah lancar membaca.  

“Mbah Mun ngajinya lancar, bagus. Beliau masih sehat, hanya pendengarannya saja yang sudah cukup berkurang, beliau pasti juga senang sekali ada al quran baru ini,” pungkas Narsih kepada tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *