WONOGIRI.LAZiS Jateng Online—Guntur Huda, relawan dari Solo melaporkan kepada redaksi, LAZiS Jateng telah menyalurkan 25 mushaf al quran ke Masjid Al Hidayah, salah satu tempat ibadah yang berada di pelosok Wonogiri yaitu Dusun Bronggah, Desa Mangunharjo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri. Penyaluran ini dilakukan pada Ahad (18/4) sore.

“Tempat ibadah ini masih baru dan masih dalam proses pembangunan. Warganya sangat antusias dalam belajar agama dan belajar membaca al quran, akan tetapi terkendala tidak adanya al quran di mushola ini dan mahalnya mushaf untuk mereka beli. Karena banyaknya orang tua di sana, mereka membutuhkan mushaf yang cukup besar agar mudah dibaca,” terang Guntur.

Relawan muda ini menambakan, berdasarkan keterangan dari salah satu takmir masjid Al Hidayah, al quran ini nantinya dapat digunakan untuk belajar mengaji sekitar 60 jamaah di Dusun Bronggah. 20 KK yang menetap disana sangat terbantu dengan adanya program Berkah Berbagi Quran ini.

“Ternyata masjid ini adalah hasil swadaya masyarakat. Warga disini sangat antusias belajar dan menegakkan agama Islam. Mulai dari membangun masjid dengan swadaya hingga belajar tentang agama Islam dengan fasilitas seadanya,” kata Guntur. Dibalik kebahagiaan itu, Guntur menambahkan cerita bahwa masjid Al Hidayah merupakan tempat ibadah besar perama di Dusun Bronggah. Kata dia, Dusun Bronggah belum lama ini baru memiliki masjid atau musala. Itu pun hasil dari swadaya masyarakat, yang dikerjakan perlahan dan didanai seadanya oleh warga. Pembangunan sudah berjalan selama dua tahun dan bisa digunakan satu tahun terakhir. Namun di bulan ramadhan ini, pengerjaan yang dilakukan setelah digunakan sholat tarawih tersebut terpaksa berhenti karena habisnya dana. Warga harus sabar menabung lagi untuk melanjutkan pembangunan masjid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *