Peringati HUT RI ke-76 dan Muharram Berbagi, LAZiS Jateng Salurkan Bingkisan untuk Yatim Dhuafa & Lansia di Pelosok

PURBALINGGA.LAZiS Jateng online—Masih dalam agenda Ekspedisi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan Muharram berbagi, pada Rabu-Kamis (18-19/8) lalu, LAZiS Jateng menyalurkan bingkisan paket untuk yatim, lansia, dan dhuafa di dua desa berbeda di Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Informasi dihimpun redaksi melalui Ratnasari Nur Isnaeni, Amil Kantor Layanan Purbalingga.

“Kegiatan diawali dengan memborong dagangan UMKM di sekitar Desa Tunjungmuli. Ini juga sebagai upaya kami dalam membantu pertumbuhan UMKM di wilayah tersebut,” ungkap Amil yang karib disapa Ratna itu.

Ratna menyampaikan, setelah proses borong dagangan selesai, kemudian kegiatan dilanjut dengan prosesi penyaluran puluhan paket bingkisan selama dua hari, sebab medan yang ditempuh cukup sulit. Ia menambahkan, akses jalan desa yang dilalui belum beraspal dengan kondisi naik turun khas wilayah pegunungan. Selain itu, hujan yang turun pada hari pertama penyaluran menyebabkan terkendalanya proses penyaluran tersebut.

“Sebagian besar warga Desa Tunjungmuli dan Kramat berprofesi sebagai penderes. Mereka mengambil air nira di pohon kelapa untuk kemudian diolah menjadi gula merah. Penghasilan mereka tidak menentu, bergantung produksi air nira yang dihasilkan pohon kelapa. Di sini juga masih banyak warga yang memiliki rumah beralas tanah dan berdinding kayu,” imbuh Ratna.

Sementara itu, Solichin, seorang lansia sekaligus penerima manfaat kegiatan tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada LAZiS Jateng dan para donatur yang telah membantunya. Ia berucap menggunakan bahasa Jawa setempat.

“Matur nuwun sanget, kulo dados nampi bingkisan (terima kasih banyak, saya jadi menerima bingkisan ini),” tutur pria yang akrab disapa Mbah Solichin itu.

Senada dengan Solichin, Nuraini, seorang yatim penerima manfaat kegiatan tersebut juga menyampaikan hal yang sama. Ia merasa sangat senang mendapatkan bingkisan dari LAZiS Jateng dan para donatur.

“Terima kasih banyak atas bantuannya saya sampaikan kepada LAZiS Jateng dan para donatur. Saya sangat senang, semoga LAZiS Jateng semakin berkah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkas gadis yang saat ini duduk di bangku kelas 8 di salah satu sekolah menengah pertama/ madrasah wilayah tersebut.