Melalui KJB, LAZiS Jateng Berikan Santunan untuk Dhuafa Terdampak Covid-19

GROBOGAN.LAZiS Jateng online— Pembatasan aktivitas masyarakat yang selanjutnya diistilahkan dengan PPKM Darurat seJawa-Bali memberikan dampak yang cukup krusial di hampir seluruh sektor kemasyarakatan. Banyak dari masyarakat terdampak yang kesulitan dalam mencukupi kebutuhan finansialnya, tak terkecuali bagi warga dhuafa di Grobogan. Melihat kondisi demikian, LAZiS Jateng melalui program Jumat Berbagi (KJB) menyelenggarakan santunan untuk warga dhuafa terdampak Covid-19, pada Jumat (30/7/2021). Aksi tersebut diselenggarakan di Desa Curut, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Informasi disampaikan oleh Dwi Cahyono, Amil Kantor Layanan Grobogan.

“Alhamdulillah pada hari ini kami kembali dapat memberikan bantuan melalui KJB kepada masyarakat terdampak Covid-19, khususnya mereka dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah/ dhuafa dan yang membutuhkan,” ungkap Dwi.

Dwi menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa titik berbeda. Terdapat lebih kurang 11 penerima manfaat dengan bantuan berupa paket sembako, vitamin dan suplemen, serta santunan lainnya. Ia menambahkan, setidaknya sebagian besar penerima manfaat kegiatan tersebut adalah mereka yang sudah berusia lanjut dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah.

“Masih banyak warga yang kesulitan akibat wabah ini, dengan adanya santunan yang kami berikan semoga bisa meringankan beban warga yang membutuhkan, terutama dhuafa,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, banyak dari penerima manfaat yang merupakan masyarakat dhuafa dengan kondisi yang mengkhawatirkan.

“Mbah Warti misalnya, beliau sakit stroke dan sehari-hari hanya berada di atas tempat tidurnya. Uang hasil kerja serabutan suaminya habis untuk biaya pengobatannya. Kemudian Mbah wardjo, pria berumur 80 tahun itu sudah lemah fisiknya, tidak bisa bekerja dan masih punya tanggungan anak istri, istrinya juga tengah sakit dan hanya berbaring di tempat tidur,” imbuh Dwi.

Warti, salah seorang penerima manfaat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada LAZiS Jateng dan para donatur.

“Terima kasih banyak atas bantuan yang sudah diberikan oleh LAZiS Jateng. Ini sangat membantu kami yang sudah tua ini dan tidak bisa beraktivitas kembali, semoga semakin berkah dan bermanfaat untuk kami,” tandasnya.