MALAKA.LAZiS Jateng Online—Nur Akhmad, Direktur Program dan Kaji Dampak mengatakan pada Rabu (7/4) kemarin relawan kepedulian LAZiS Jateng telah menyalurkan bantuan dari masyarakat Jawa Tengah untuk para penyintas banjir bandang di Kampung Sukabilulik, Desa Oan, Kecamatan Malaka Barat, Malaka, NTT. Aktivitas penyaluran ini disampaikan melalui laporan tertulis dan rekaman gambar.

“Bantuan dari masyarakat yang sudah terhimpun kami kirimkan kepada para penyintas banjir bandang di NTT. Penyaluran dilakukan oleh relawan lokal yang sudah bekerjasama dengan LAZiS Jateng,” tutur Akhmad pada redaksi.

Menurut laporan dari relawan kepedulian bernama Saiful Abdullah, kondisi terkini di lokasi bencana masih banyak rumah-rumah terendam banjir dan lumpur. Masyarakat tidak bisa memasak kecuali mengunakan kompor, tetapi saat ini tidak ada minyak tanah sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Masyarakat butuh bantuan sembako dan minyak tanah.

“Bantuan yang diberikan berupa beras, mi instan, minyak tanah, roti, telur, minyak goreng, dan air mineral. Alhamdulillah bantuan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan 121 KK dari 300 KK di Kampung Sukabilulik,” ungkap Saiful.

Pada saat menyalurkan bantuan, Saiful menceritaan bahwa tim harus melalui jembatan panjang yang kondisinya hampir roboh dan patah, sehingga harus memindahkan bahan bantuan menggunakan motor dari ujung ke ujung. Hal ini dikarenakan mobil yang membawa bantuan tidak dapat melalui jembatan tersebut. Beruntung ada tukang ojek yang semangat membawa bahan bantuan melewati jembatan yang sudah miring 80 derajat itu.

Di lokasi penyaluran warga yang menerima bantuan dari masyarakat Jawa Tengah ini merasa bersyukur. Salah satu warga mengatakan, “Terima kasih saudara kami. Bantuan apa pun kami terima, tikar, selimut, sembako. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *