Launching Ekspedisi Kemerdekaan, LAZiS Jateng Muliakan 760 Veteran dan Yatim

SEMARANG.LAZiS Jateng online- Bertempat di Gedung Juang 45, Semarang, Jawa Tengah LAZiS Jateng bersama BMM dan Aksi Berbagi selenggarakan peluncuran program Ekspedisi Kemerdekaan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 dan Bulan Muharram 1443 H. Informasi disampaikan oleh Doso Sutrisno, Direktur Eksekutif LAZiS Jateng.

“Momen kemerdekaan selalu mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, perjuangan kita tak lagi sama seperti dahulu, jika dahulu kita berjuang melawan penjajah, maka di saat seperti ini kita berjuang bersama dan berupaya untuk saling peduli, saling membantu dan saling mendukung bangkit dari pandemi,” tutur Doso Sutrisno.

Doso juga menjelaskan, program Ekspedisi Kemerdekaan mengangkat tema “Semangat Bantu Indonesia”. Ia menambahkan, selain LAZiS Jateng sendiri, kegiatan tersebut juga diinisiasi oleh kolaborasi dari beberapa pihak seperti BMM dan Aksi Berbagi. Hal ini dilakukan ketiganya dengan tujuan agar kebermanfaatan yang dirasakan semakin besar.

“Ekspedisi Kemerdekaan tersebut merupakan rangkaian kegiatan ekspedisi yang dibuka dengan peluncuran secara resmi pada hari ini, serta simbolisme penyerahan bingkisan untuk yatim, para pejuang veteran dan dhuafa dan pembagian Al-Qur’an di wilayah Semarang, DIY, Solo, Slawi, Wonosobo, Pemalang, Kendal, dan Purbalingga dengan masing-masing target penerima manfaat sejumlah 760 jiwa, pada tanggal 13-21 Agustus mendatang” imbuhnya.

Doso menuturkan, kegiatan peluncuran Ekspedisi Kemerdekaan dihadiri oleh Imam Masykur selaku Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Tengah, Hevearita Gunaryanti Rahayu selaku Wakil Wali Kota Semarang, Adhi Siswanto Wisnhu Nugroho selaku Forkommas RI DPD Jawa Tengah serta beberapa pihak lainnya.

“InsyaAllah pemberian sembako untuk para veteran merupakan bentuk apresiasi di Hari Kemerdekaan Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kemudian bagi para anak yatim sebagai upaya membahagiakan anak-anak yatim dalam memperingati Tahun Baru Islam 1443 H,” ungkap Doso.

Sementara itu, Hevearita Gunaryanti Rahayu sekali Wakil Wali Kota Semarang berharap, Ekspedisi Kemerdekaan ini dapat menjadi pionir yang dapat menginspirasi banyak lembaga lain agar semakin banyak terciptanya kolaborasi kebermanfaatan serupa sebagai upaya bersama bangkit dari kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.