KISAH MBAH SARWONO, VETERAN INSPIRATIF

Meski telah menginjak usia tiga seperempat abad, semangat dan antusiasme beliau tatkala bercerita kisah perjuangannya dan rekan-rekannya masih sangat menggebu-gebu. Sampai-sampai kami pun jadi tambah merasa antusias juga untuk mendengarnya, sahabat.

Sarwono (75), pejuang veteran era awal-awal kemerdekaan Indonesia ini berasal dari wilayah Kebumen, Jawa Tengah. Dulu, ketika masa-masa beliau masih diberikan mandat sebagai perwira, beliau aktif dalam beberapa operasi militer, salah satunya ialah operasi di wilayah Timor Timur. Menurutnya, secara angkatan beliau termasuk dalam angkatan awal perwira setelah kemerdekaan Indonesia pada 76 tahun silam.

“Dulu pas waktu di Timur, saya bertiga dengan teman saya sedang bersembunyi di tengah hutan. Waktu itu malam-malam menjelang pukul 19.00, kami salat berjamaah di sana. Saya disuruh jadi imam, ketika mau sujud tiba-tiba terdengar suara tembakan dari belakang, sontak teman saya membatalkan salatnya sembari lihat keadaan. Naas dia gugur karena tembakan berikutnya saat saya dan satu teman masih melanjutkan salat,” ungkap Pak Sarwono dengan linang air mata di pelupuk matanya.

Kini beliau lebih banyak menghabiskan waktu tuanya karena dengan menikmati masa-masa seperti saat ini. “Terima kasih banyak anak-anak, LAZiS Jateng yang sudah mau berbagi dengan kami. Semoga semakin berkah dan bermanfaat untuk banyak orang. Semangat menyebar kebaikan untuk para pemuda, jangan sampai menjadi pemuda yang merugikan bangsa dan negara. Merdeka!,” Pungkas beliau, saat kami memberikan bingkisan kepada beliau.

Sahabat, semangat perjuangan Mbah Sarwono sudah semestinya menjadi pelecut semangat untuk kita juga. Beliau yang dulu memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa harus bisa kita tiru. Tentunya banyak jalan yang dapat diambil agar kita menjadi orang yang bermanfaat, salah satunya dengan berbagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan.

Terima kasih yaa sahabat atas bantuanmu. Yuk, terus bagikan kebahagian bagi banyak penerima manfaat dengan memberikan sedekah terbaikmu melalui :

BSI 7077755661
a.n Lazis Jateng Pusat
Mandiri 1360013144040
a.n Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah

#lazisjateng #jateng
#lebihpeduliuntukberbagi
#borongdagangan