Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Rendam Puluhan Rumah di Kebumen & Purworejo

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kebumen dan Purworejo, Jawa Tengah, pada Senin (14/03) malam hingga Selasa (15/03) dini hari mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan memicu terjadinya banjir di sejumlah titik kecamatan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak enam desa di Kabupaten Kebumen terendam banjir. Ketinggian debit air dilaporkan mencapai 30-150 sentimeter. Puluhan rumah dikabarkan tergenang air sehingga memaksa sebagian warga mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi.

“Sekitar pukul 19.00 WIB hujan ringan di beberapa titik mulai turun. Pada 22.00 terpantau intensitasnya mulai lebat dan puncaknya pada pukul 23.30 debit air di beberapa sungai seperti Pringtutul naik dan mengakibatkan banjir hingga kini,” menurut BPBD Kebumen.

Sementara itu, di Kabupaten Purworejo, hujan deras yang mengguyur pada Senin (14/03) sore hingga Selasa (15/03) juga mengakibatkan sungai di beberapa titik meluap dan memicu banjir. Banjir merendam hampir 8 desa di beberapa kecamatan. Menurut informasi, warga di beberapa kelurahan terpaksa mengungsi ke tempat yang aman.

Banjir juga mengakibatkan pohon trembesi yang berada di depan Puskesmas Kutoarjo tumbang pada Selasa malam. Hingga berita ini diturunkan, Selasa (15/03) hujan masih mengguyur wilayah Purworejo dan sekitarnya. BPBD pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi banjir yang lebih buruk.

Sumber : cnnindonesia.com & republika.co.id

#lazisjateng #jateng
#lebihpeduliuntukberbagi