Hadapi Ancaman Bencana, FOZ Jateng Hadiri Apel Kesiapsiagaan

Semarang— Bertempat di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jl. Pahlawan, Mugassari, Kecamatan Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Forum Zakat (FOZ) Jateng hadiri Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana pada Musim Penghujan 2021-2022 dan Dampak La Nina di Jawa Tengah.

“Kami menghadiri apel kesiapsiagaan sebagai persiapan dalam menghadapi potensi ancaman bencana alam dan La Nina di Jawa Tengah. Khususnya di musim-musim penghujan seperti ini, ditambah akhir-akhir sudah terjadi bencana alam di beberapa wilayah Indonesia,” ungkap Doso Sutrisno, Ketua FOZ Jawa Tengah.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif LAZiS Jateng itu menyampaikan, apel tersebut juga dihadiri oleh beberapa instansi baik pemerintah maupun non pemerintah. Terutama mereka yang konsen bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan kebencanaan, seperti BNPB, BPBD Jateng, Dinas sosial, lembaga sosial dan masih banyak lagi.

“Ini langkah awal sinergi kami (FOZ Jateng) yang notabene sebagai lembaga sosial/ lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan dalam bersinergi dengan pemerintah, khususnya dalam penanggulangan maupun pencegahan potensi kebencanaan di Jawa Tengah. Alhamdulillah, semua pihak mau berkolaborasi memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya menjelaskan kondisi yang saat ini dan kedepannya terjadi. Terutama ancaman potensi bencana alam dan dampak La Nina di Jawa Tengah.

“Bapak dan Ibu, saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Tentunya kita sama-sama berharap agar tidak terjadi bencana alam di Jawa Tengah. Namun, kita tetap harus siap siaga, mengawal masyarakat, membantu, serta berkontribusi jika kedepan terjadi bencana alam. Harapannya, jauh-jauh kita sudah siap dengan segala kondisi yang terjadi, bersinergi dan melayani masyarakat di Jawa Tengah,” ungkap pria yang akrab disapa Ganjar itu.

Ganjar juga mengapresiasi semua pihak yang hadir dan siap untuk bersinergi mengawal Jawa Tengah dalam upaya penanggulangan bencana, terutama memasuki musim penghujan tahun 2021-2022 dan dampak La Nina.

“Terima kasih banyak, kepada Bapak dan Ibu sekalian. Terima kasih atas kesiapsiagaannya, bersedia bersinergi dengan kami untuk memberikan pelayanan dan pengawalan terbaik kepada masyarakat di Jawa Tengah. Sekali tentu kita berharap, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan. Tapi, walau bagaimanapun kita tetap harus mempersiapkan segala kemungkinan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Terima kasih banyak sekali lagi,” pungkas Ganjar dalam sambutannya.