Gelar Prosesi Kurban, LAZiS Jateng Salurkan Daging Serentak di Daerah Minus Kurban

PEKALONGAN.LAZiS Jateng online— Pada Rabu (21/7) lalu, LAZiS Jateng menggelar prosesi penyembelihan dan penyaluran hewan kurban secara serentak di beberapa titik di daerah minus kurban. Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Informasi dihimpun redaksi melalui Komariyah, Amil Kantor Layanan Pekalongan.

“Hari ini dengan dibantu oleh relawan dari mahasiswa setempat yang sangat antusias, kami melaksanakan kegiatan penyembelihan dan penyaluran hewan kurban, Alhamdulillah kegiatan berlangsung dengan sangat baik dan tidak ada kendala,” ungkap Amil yang akrab disapa Mery.

Mery menyampaikan, kegiatan tersebut juga tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum selesai sampai saat ini.

“Tak lupa kami juga mengupayakan protokol kesehatan dengan maksimal, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. InsyaAllah teman-teman relawan dan yang lain tetap mematuhi peraturan yang sudah dibuat pemerintah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, total sebanyak 26 hewan kurban dengan rincian 4 ekor sapi dan 22 ekor domba disiapkan. Pendistribusian dilakukannya di 4 titik yang berbeda, antara lain Petungkriyono, Kesesi, Talun, dan Simonet dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 990 jiwa.

“Sebagian besar tempat penyaluran tersebut merupakan daerah pelosok dan minus kurban. Oleh karena itu, kami memprioritaskan masyarakat yang membutuhkan dan jarang sekali menerima daging kurban menjadi target utama kami,” tutur Mery.

Kuraini, mahasiswa IAIN Pekalongan yang juga menjadi relawan kurban LAZiS Jateng merasa sangat senang dan bersyukur dapat menjadi bagian dari relawan pada kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada LAZiS Jateng yang telah memberikan mereka kesempatan untuk ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada LAZiS Jateng yang sudah berkenan memberikan kesempatan bagi kami untuk ikut bergabung dalam kegiatan tersebut. Kami sangat senang dan bersyukur dapat ikut memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Priyono, penerima manfaat juga mengucapkan hal yang serupa. Ia mengaku sangat senang mendapatkan manfaat kurban dari kegiatan penyaluran tersebut.

“Terima kasih banyak kepada para donatur, pekurban dan LAZiS Jateng yang telah memberikan kami daging kurban. Kami sangat jarang menerima daging kurban pada saat Idhul Adha seperti ini, Alhamdulillah tahun ini bisa mendapatkan daging kurban,” pungkasnya.