Distribusi Fidyah untuk Pasien ODGJ di Panti Rehabilitasi Sakit Jiwa Nurussalam

Panti Rehabilitasi Sakit Jiwa Nurussalam, terletak di Jl. Kalisari, Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Panti ini merupakan tempat rehabilitasi bagi para Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Berawal dari rasa terima kasih karena pernah ditolong oleh ODGJ, pendiri panti ini mulai dikenal masyarakat sebab beliau mampu memberikan terapi dan rehabilitasi pasien ODGJ. Hingga akhirnya, beliau serius mendirikan panti pada 1997.

Ada sekitar 80 pasien (65 putra, 15 putri) yang dirawat di panti tersebut. Rata-rata, mereka yang hadir karena dititipkan oleh keluarganya setelah mengalami gangguan kejiwaan. Hampir tak ada bantuan, subsidi dari orang-orang ataupun pemerintah.

“Dulu sempat ada bantuan dari dinas sosial. Tapi cuma beberapa kali saja. Setelah itu tidak ada lagi bantuan dari siapapun. Kami murni mandiri mengelola panti ini, mas,” ucap Pak Rofiq, Pengasuh panti tersebut.

Pasien setiap harinya dirawat sebagaimana mestinya. Diberikan pelayanan konsumsi sampai asupan rohani. Pasien juga diterapi sepekan beberapa kali, dengan terapi khusus hingga ia sembuh. Jika sembuh, pasien bisa dikembalikan ke keluarga atau menetap di sana dan menjadi santri. Bahkan, sampai ada yang menghafal Al-quran.

“Kalau sudah normal (sembuh), biasanya kami berdayakan dengan kemampuan merawat ternak, menjadi kuli bangunan, atau membantu aktivitas di yayasan, karena selain panti di sini juga ada pesantren umum,” imbuhnya.

Alhamdulillah, Selasa (2/8), kami berkunjung dan menyampaikan amanah bantuan berupa sembako (paket pangan) fidyah dari sahabat kepedulian untuk para pasien di panti tersebut. InsyaAllah, bantuan darimu sangat bermanfaat bagi mereka.

Terima kasih ya sahabat, dukunganmu sangat membantu mereka. Saat ini, panti rehabilitasi tersebut masih membutuhkan dukunganmu karena keterbatasan biaya dan tingginya kebutuhan hidup. Yuk, bantu mereka dengan menyalurkan donasi terbaikmu melalui :

BSI 7077755661
a.n Lazis Jateng Pusat

MANDIRI 1360013144040
a.n Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah

#lazisjateng #jateng
#lebihpeduliuntukberbagi