Bersedekah atau Berqurban, mana yang harus kita dahulukan?

Sahabat, kalau ada dua pilihan antara bersedekah atau berqurban, mana yang seharusnya kita dahulukan?

Sahabat kepedulian, masing-masing dari dua ibadah di atas memiliki keistimewaannya tersendiri. Satu ibadah dengan yang lain memiliki aspek keistimewaan yang berbeda.

Sedekah memiiki keistimewaan dan keutamannya, begitu juga dengan qurban yang memiliki keistimewaannya. 

Jika mampu maka tunaikanlah keduanya, akan tetapi jika jumlah uang yang dimiliki terbatas, maka pilih yang paling bermanfaat, sesuai dengan kondisi pribadi dan orang-orang di sekitar kita.

Namun ada yang perlu kita erhatikan mengenai hal tersebut, Para ulama di antaranya adalah Imam Ahmad menyatakan bahwa menyembelih kurban lebih utama daripada mensedekahkan harganya.

Ibnul Qayyim berkata,

“Menyembelih pada waktunya lebih utama daripada sedekah dengan harganya, sekalipun dengan jumlah sedekah yang lebih besar daripada harga kurban, karena penyembelihan dan mengalirkan darah itu sendiri menjadi sasaran, ia adalah ibadah yang disandingkan dengan shalat.”

Allah ta’ala berfirman, artinya,

“Maka shalatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah.” 

(QS. Al-Kautsar: 2)

Dan Allah ta’ala berfirman, artinya,

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, penyembelihaku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” 

Para ulama di antaranya adalah Imam Ahmad menyatakan bahwa menyembelih kurban lebih utama daripada mensedekahkan harganya.

InsyaAllah, bagaimanapun kondisinya yuk kita manfaatkan momen ini agar semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Bahagiakan saudara kita di daerah pelosok dan minus qurban dengan menunaikan qurban bersama kami melalui :

qurban

wallahualam