Bekerjasama dengan Bea Cukai & BSI, LAZiS Jateng Selenggarakan Penyembelihan dan Distribusi Kurban

SEMARANG.LAZiS Jateng online— Dengan penerapan protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan pemerintah terkait dengan pembatasan aktivitas masyarakat atau PPKM, bertempat di LKSA Bina Ihsan, Desa Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. LAZiS Jateng bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bea Cukai) Kanwil Jateng & DIY serta Bank Syariah Indonesia (BSI) menyelenggarakan kegiatan penyembelihan dan distribusi hewan kurban. Kegiatan dilaksanakan pada hari tasyrik kedua 12 Dzulhijjah 1442 H atau Kamis (22/7/2021). Informasi disampaikan oleh Doso Sutrisno, Direktur Eksekutif LAZiS Jateng.

“Alhamdulillah, di hari kedua tasyrik ini, kami dapat kembali melaksanakan proses penyembelihan dan distribusi. Pada kesempatan kali ini kami kembali bekerjasama dengan Bea Cukai Jateng DIY, Bank Syariah Indonesia (BSI) serta dukungan dari lembaga DtPeduli dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah,” ungkap pria yang akrab disapa Doso itu.

Doso menyampaikan, kegiatan dibuka dengan proses ceremonial secara resmi. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan dari pihaknya, serta sambutan dari pihak Bea Cukai dan BSI. Kemudian ditutup dengan simbolisme berupa pengambilan gambar/ foto bersama seluruh pihak yang hadir.

“Kami sangat bersyukur dengan kerjasama ini (Bea Cukai), karena sudah cukup lama kami bekerjasama baik dalam agenda ramadhan maupun Idhul Adha. Di masa-masa seperti ini, penting sekali untuk kita saling bersinergi antar lembaga, karena kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, maka dari itu diperlukan adanya sinergi dari kita semua,” papar Doso dalam sambutannya.

Doso juga menambahkan, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan. Dalam hal ini, sesuai dengan keinginan LAZiS Jateng untuk menyalurkan daging kurbannya kepada daerah pelosok dan juga minus kurban.

“Banyak masyarakat, saudara kita yang masih membutuhkan uluran tangan kita. Dengan adanya momen ini harapannya kita dapat berkontribusi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam upaya pengadaan distribusi daging kurban,” tambahnya.

Tidak lupa Doso mengingatkan kepada hadirin akan pentingnya menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), khususnya di masa-masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Bentuk suatu kepedulian dan kontribusi, Bea Cukai bekerjasama dengan LAZiS Jateng. Alhamdulillah sejumlah 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing kami upayakan dalam proses kerjasama dengan ini. Semoga kedepan kami dan LAZiS Jateng dapat terus bersinergi dalam agenda-agenda yang lainnya,” tutur Cahya Nugraha, selaku Kasi PF meneruskan pesan Kepala Kanwil Bea Cukai.

Sementara itu, Roni Irawan selaku Branch Manager Wilayah Semarang-Pandanaran BSI turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya. Pihaknya mengaku senang dengan kerjasama yang dijalin dengan LAZiS Jateng.

“Terima kasih banyak atas kerjasamanya kami sampaikan kepada LAZiS Jateng serta lembaga-lembaga turut mendukung kegiatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kami berharap kedepan dapat bekerjasama sama kembali,” pungkasnya.