Alasan Harus Berzakat Lewat Lembaga, Terutama Via LAZiS Jateng

Sahabat, dahulu higga kini, zakat menjadi salah satu pilar Islam yang mendukung keberlangsungan seluruh misi dakwah, bahkan sedari zaman Rasulullah saw. Zakat mampu memberikan kontribusi dalam berbagai pembangunan Islam, menyelamatkan & mengentaskan kemiskinan umat Islam, dan lain sebagainya.

Tidak salah jika zakat menjadi kewajiban yang harus ditunaikan oleh muslim dengan ketentuan yang telah disyariatkan. 

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS: At-Taubah: 103).

Akan tetapi, saat menunaikan zakat apakah sahabat menyalurkannya secara mandiri pada penerima manfaat langsung atau menyalurkannya melalui lembaga zakat yang terpercaya?

Sebenarnya, ada banyak loh manfaat menunaikan zakat melalui lembaga. Beberapa diantaranya yaitu :

  1. Dana zakat yang dihimpun akan menjadi lebih besar, sehingga zakat bisa dialokasikan untuk hal lainnya lebih dari kebutuhan konsumtif yang nilai kebermanfaatannya hanya bersifat sementara.
  2. Mekanisme zakat dapat berlangsung dalam sistem administratif yang baik, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.
  3. Dengan menunaikan zakat melalui lembaga, bukti setor zakat anda bisa digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak.
  4. Sejak zaman Rasulullah saw., zakat sudah dilakukan oleh amil, tidak langsung diserahkan kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat)

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihan & urgensi menunaikan zakat melalui lembaga zakat, lalu lewat lembaga mana kita menunaikan zakat? Tentu lembaga yang telah memiliki izin beroperasi oleh pihak yang memiliki otoritas/ pemerintah (kemenag), sebab aktivitas zakat selain diatur di dalam Al-Quran juga telah diatur ke dalam undang-undang. Selain itu, lembaga tersebut telah memiliki track record yang baik dalam mengelola dana, menyalurkannya, serta amanah & professional, salah satunya ialah LAZ Al-Ihsan (LAZiS) Jateng.

Lalu, kenapa sih harus berzakat di LAZiS Jateng? Berikut beberapa alasan kenapa sahabat harus memilih LAZiS Jateng sebagai mitra untuk mengelola dana zakat anda, diantaranya :

  1. LAZiS Jateng merupakan lembaga yang berpengalaman dan dipercaya sejak tahun 2007.
  2. Transparan, akuntabel, amanah, profesional &  bertanggung jawab mengelola dana ZIS.
  3. Lembaga Amil Zakat (LAZ) berskala Provinsi (Jawa Tengah).
  4. Memiliki banyak variasi program keummatan yang bermanfaat baik karitas maupun pemberdayaan.
  5. Menyiapkan berbagi metode/ pilihan pembayaran ZIS.

Selain itu, LAZiS Jateng berkomitmen memberikan kontribusi nyata melalui program unggulan yang dicanangkan dalam 5 bidang, diantaranya ;

  1. Menumbuhkan/ memberdayakan perputaran roda ekonomi masyarakat (ekonomi).
  2. Mendukung pendidikan anak bangsa (pendidikan).
  3. Memberikan serta mendukung kebutuhan/ jaminan kesehatan bagi masyarakat dhuafa/ prasejahtera (kesehatan).
  4. Kontribusi dakwah hingga menjangkau daerah pedalaman (dakwah).
  5. Memberikan manfaat melalui program sosial & kemanusiaan.

Sebagai contoh, pemanfaatan zakat dalam bidang pemberdayaan ekonomi yang telah LAZiS Jateng ikhtiarkan antara lain adalah pemberdayaan UMKM Rumah Snack KWT Erqu yang ada di Purbalingga. Kelompok binaan UMKM LAZiS Jateng ini memproduksi makanan ringan (snack) khas daerah sekitar seperti aneka keripik, opak dsb. Di Sragen, Jawa Tengah, kelompok pemberdayaan ekonomi bernama Griya Al-Kahfi juga belakangan baru diresmikan sebagai binaan UMKM LAZiS Jateng.

Program tebar ‘Gerobak Berkah’ juga menjadi ikhtiar kami sebagai upaya mendukung UMKM di Jawa Tengah/ masyarakat yang membutuhkan. Berkat sinergi LAZiS Jateng dan sahabat kepedulian, alhamdulillah telah banyak masyarakat dhuafa yang terbantu dengan adanya bantuan ekonomi Gerobak Berkah tersebut.